Senin, 28 Februari 2011

| by Diposting oleh Nurizky

0

Sitemap untuk PMS (Pengoptimalan Mesin Pencari)

Sitemap untuk PMS (Pengoptimalan Mesin Pencari)

oleh Shaluinn Fullove

Apakah Anda mengalami kesulitan untuk menentukan peringkat kata kunci yang penting bagi bisnis Anda? Apakah semua halaman Web terlihat dalam hasil pencarian alami? Berikut adalah 5 cara dari Google Sitemap yang dapat membantu Anda mendapatkan calon pelanggan lebih banyak ke situs dan meningkatkan visibilitas konten Anda.

#1. Kirim semua halaman ke Google Index, gratis.

Mari kita mulai dengan melihat sekilas pada apa yang dimaksud dengan Google Sitemap sebenarnya. Google Sitemap adalah layanan yang dapat digunakan untuk mengirim SEMUA halaman Anda ke indeks Google. Memastikan URL atau halaman yang tidak dibuat secara dinamis dan tidak terhubung secara memadai di situs agar diindeks akan lebih bermanfaat. Dengan mengirimkan URL dalam Sitemap, Anda membantu crawler Web Google melakukan tugas penjelajahan situs secara lebih lengkap dan efisien.

Sitemap hanya berupa file dengan daftar semua URL yang ingin dijelajahi di situs Anda. Anda dapat membuatnya secara manual atau menggunakan Pembuat Sitemap Google atau program pihak ketiga.

Namun, penting untuk diketahui bahwa mengirimkan Sitemap tidak akan menjamin penyertaan atau mempengaruhi PageRank Anda. Sitemap akan berfungsi sebagai pelengkap untuk konten yang dinamis dan bermanfaat daripada pengganti aktivitas PMS.

Untuk membuat dan mengirim Sitemap, cukup kunjungi https://www.google.com/webmasters/sitemaps?hl=id, kemudian sign in ke account Google (account dan sandi sama yang digunakan untuk Google Analytics, Gmail, dan layanan Google lainnya). Ketik URL situs Web ke bidang kosong di sebelah ”Tambahkan Situs”, kemudian tekan ”OK”. Pada halaman Perangkat Webmaster, situs akan muncul pada kolom Situs. Klik link Verifikasikan di sebelah situs, kemudian verifikasikan kepemilikan situs untuk melihat statistik rinci dan kesalahannya.

Anda tidak perlu mengirimkan Sitemap agar dapat menggunakan Google Sitemap. Meskipun tanpa Sitemap, Anda masih dapat memperoleh laporan yang berisi informasi tentang visibilitas situs Anda di Google dan cara membuat halaman Anda lebih mudah dijelajahi. Cukup sign in, kemudian tambahkan situs Anda.

#2. Ketahui peringkat Anda pada permintaan pencarian atas.

Anda dapat menggunakan laporan Mesin Pencari dalam Google Analytics untuk mengetahui kunjungan total, halaman yang dilihat per kunjungan, dan metrik lainnya untuk setiap kata kunci organik Anda. Apa yang tidak dapat Anda lihat adalah bagaimana peringkat Anda untuk kata kunci tersebut. Untuk itu, laporan Sitemap akan membantu Anda.

Bila Anda sign in ke Sitemap, dari halaman ikhtisar Situs Saya, klik URL situs Web Anda, kemudian klik tab Statistik. Kolom laporan di sebelah kanan menampilkan peringkat secara organik untuk pencarian teratas ke situs Anda. Anda dapat menyatukan informasi peringkat ini dengan informasi klik per tayang dari Google Analytics untuk memahami visibilitas kata kunci spesifik yang telah beralih ke konversi.

Sekali lagi, Anda tidak perlu mengirim Sitemap untuk melihat informasi ini. Cukup sign in ke Sitemap, kemudian tambahkan situs Anda.

#3. Ketahui cara Google menilai situs Anda.

Lihat kata akhir yang umum (kata umum yang digunakan agar terhubung ke halaman), kemudian lihat kata umum yang dilihat Google di situs Anda. Klik ”Analisis halaman” pada tab Statistik untuk melihat tren yang terkait dengan konten situs dan kata kunci yang dihubungkan orang lain secara eksternal ke situs Anda.

#4. Hapus blokir situs Anda.

Situs yang memiliki file robots.txt dapat memblokir Google untuk menjelajahi beberapa halaman yang ingin disertakan dalam hasil pencarian Google. Sitemap menyediakan perangkat robots.txt agar dapat memasukkan daftar URL untuk mengetahui apakah file robots.txt memblokirnya guna dijelajahi. Klik ”analisis robots.txt” dalam bagian Perangkat tab Diagnostik untuk mulai menggunakan perangkat ini. Anda juga dapat menguji perubahan pada file robots.txt dengan mengetik perubahan baru, kemudian mengujinya menggunakan Googlebot. Sebaiknya lakukan tindakan ini sebelum mengubah file karena Anda dapat memeriksa kesalahan file dan menjalankan pengujian dengan perubahan tersebut untuk mengetahui dampaknya terhadap penjelajahan situs Anda.

#5. Sertakan ulang.

Jika situs Anda tidak muncul dalam hasil pencarian, Anda mungkin telah mengatasi pelanggaran terhadap panduan kualitas Google. Setelah mengatasi masalah di situs, Anda dapat meminta penyertaan ulang dari account Sitemap. Cukup sign in ke halaman Perangkat Webmaster (https://www.google.com/webmasters/sitemaps?hl=id), kemudian ”Kirim permintaan penyertaan ulang” dalam bagian Perangkat. Isi formulir, kemudian klik ”Kirim penyertaan ulang” untuk melengkapi permintaan Anda. Formulir ini juga tersedia pada halaman Ringkasan situs yang menunjukkan pelanggaran. Perlu diketahui, jika situs Anda tidak melanggar panduan webmaster, Anda tidak perlu mengirim permintaan penyertaan ulang.

Permintaan penyertaan ulang hanya tersedia bagi pengguna Sitemap. Meskipun Anda dapat mengirim email kepada pengguna Google yang mendukung penyertaan ulang permintaan, namun permintaan dari pengguna Sitemap terdaftar yang dapat diidentifikasi biasanya akan lebih diprioritaskan.

Masih ada lagi.

Google Sitemap adalah produk yang berkembang dengan fitur yang ditambahkan secara berkala. Tetap mengetahui info terbaru dengan mengunjungi blog Sitemap (http://www.sitemaps.blogspot.com/) dan mem-posting pertanyaan yang dijawab dalam grup diskusi Google Sitemap (http://groups.google.com/group/google-sitemaps).

sumber Google Conversion University

Artikel Sitemap untuk PMS (Pengoptimalan Mesin Pencari) ini dipersembahkan oleh PestaHostingCom penyedia layanan Hosting Murah, Domain Murah dan Web Design bahkan JASA SEO dengan harga terjangkau murah di Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

free counters