Senin, 08 November 2010

| by Diposting oleh Nurizky

1”

Modem


Disadari bahwa hubungan antar komputer diperlukan, dengan penambahan modem baik yang model internal (ditambahkan pada slot yang kosong) atau external maka proses peralihan /komunikasi data dapat dipermudah. Modem yang ada kini mengikuti spesifikasi yang dikembangkan oleh perusahaan Hayes, Amerika Serikat.

Modem terdiri atas dua model yaitu modem internal dan modem external [Perhatikan gambarnya disebelah kiri ]. Modem internal biasanya berupa expansion card yang ditanamkan pada expansion slot yang kosong pada motherboard komputer (Lihat gambar..!.), sedangkan modem external adalah modem tersendiri yang dihubungkan dengan port yang biasanya terdapat di belakang komputer (Lihat pada gambar..!.). Pada notebook, modem external biasanya berupa PCMCIA (Lihat pada gambar..!.). Keunggulan modem internal adalah tidak membutuhkan tempat tambahan karena memang ditancapkan didalam komputer, namun ia mengambil daya juga dari komputer karena ia merupakan periperal tambahan (walaupun kecil jumlahnya). Oleh sebab itu daya power supply listrik komputer Anda pun harus tinggi. Sementara modem external mempunyai keunggulan adanya indicator pentunjuk berupa lampu LED tertentu yang akan menyala sesuai dengan kinerja yang sedang berlangsung pada modem, hal yangg tidak bisa dijumpai pada modem internal. Misalnya, apabila lampu LED untuk SND menyala, artinya modem sedang mengirimkan sinyal, lalu apabila lampu LED RCV menyala, artinya modem sedang menerima sinyal, demikian seterusnya.

Kecepatannya dinyatakan dalam satuan kbps (Kilobytes per seconds). Semakin tinggi angka kbps-nya, maka kecepatan modem tersebut pun semakin baik. Modem sekarang sudah mencapai 56 Kbps. Dalam dunia nyata, tidak selalu kecepatannya yang di klaim pada produk tersebut dapat difungsikan secara maksimal, hal ini misalnya tergantung juga pada kualitas kabel telepon yang digunakan. Dengan menggunakan modem, komputer dapat mengakses Internet. Selain modem type kabel telepon (RJ-45), untuk internet kita juga bisa menggunakan modem yang menggunakan kabel serat optik dan media satelit dengan antena disc satelit (ISDN). Kedua-duanya memang memiliki akses yang lebih cepat dibandingkan modem type kabel telepon, namun kedua-duanya membutuhkan biaya penggunaan yang masih cukup mahal. Type modem seperti ini biasanya hanya cocok digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar.

Sumber:

http://www.geocities.ws/Jesayas_2000/komputer.htm


1 komentar:

Anonim mengatakan...

SepzZ

Posting Komentar

free counters